PERAN TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP KESIAPAN DIRI ANAK UNTUK MEMASUKI SEKOLAH DASAR

IRANI, DIANITA PRAMASARI (2009) PERAN TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP KESIAPAN DIRI ANAK UNTUK MEMASUKI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050076.PDF

Download (122kB)
[img] PDF
F100050076.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Usia empat s.d. enam tahun merupakan masa peka bagi anak, yaitu masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Untuk mencapai kemampuan tersebut diperlukan tiga komponen pendukung yaitu guru sebagai fasilitator, fasilitas belajar, dan metode (Eliyawati, 2005). Berdasarkan hal itu, peneliti ingin mengungkap mengenai komponen pendukung dalam proses pendidikan di TK yaitu peran guru, metode pembelajaran, dan fasilitas pendukung (alat peraga dan permainan) yang dapat mendukung kesiapan anak masuk SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TK dalam menyampaikan materi untuk mempersiapkan anak masuk SD, peran metode pembelajaran di TK terhadap pengembangan potensi anak (fisik, sosial emosional, kognitif, bahasa, kemandirian, agama, dan seni), dan fasilitas pendukung yang digunakan TK untuk mendukung kesiapan diri anak memasuki SD. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, didukung alat tes NST dan Frostig, angket orang tua dan guru, serta hasil evaluasi perkembangan anak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru TK kelas B, pengalaman mengajar minimal 1 tahun, dan lulusan D2PGTK. Dalam penelitian ini, untuk mendukung hasil penelitian diperlukan subjek pendukung yaitu dua murid dan dua orang tua murid. Dua murid diberi tes perkembangan anak dan orang tua murid diberi angket perkembangan anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dan fasilitas di TK dapat mengembangkan potensi fisik, sosial emosional, kognitif, bahasa, kemandirian, agama, dan seni bagi anak usia prasekolah untuk mempersiapkan anak masuk SD. Berdasarkan hasil survey ke empat SD (negeri dan swasta), penulis menyimpulkan bahwa secara tidak langsung TK dituntut untuk memberi materi membaca dan menulis karena tingginya persaingan dalam tes seleksi masuk SD negeri atau swasta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran TK, Kesiapan Diri Anak Masuk SD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 23 Nov 2009 06:04
Last Modified: 30 May 2011 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item