ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK KARTU HANDPHONE (STUDI KASUS KONSUMEN PENGGUNA MERK KARTU HANDPHONE DI KECAMATAN KALIJAMBE, KABUPATEN SRAGEN)

NURYANTO, NURYANTO (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK KARTU HANDPHONE (STUDI KASUS KONSUMEN PENGGUNA MERK KARTU HANDPHONE DI KECAMATAN KALIJAMBE, KABUPATEN SRAGEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B100050305.PDF

Download (42kB)
[img] PDF
B100050305.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Konsumen merupakan seseorang yang mempunyai sifat yang mudah jenuh terhadap merk suatu produk atau jasa, sehingga memungkinkan konsumen tersebut berpindah dari merk satu ke merk yang lain. Bahkan dengan munculnya banyak merk atau produk yang sama yang mempunyai kualitas yang baik juga memicu konsumen untuk berpindah merk ataupun produk. Oleh sebab itu perusahaan harus mengetahui selera dari konsumen dan selalu mengadakan inovasi terhadap suatu merk atau produk sehingga konsumen bisa tetap loyal dengan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor perpindahan merk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merk konsumen pengguna merk kartu handphone di kecamatan Kalijambe, kabupaten Sragen. Pengambilan data tentang faktor perpindahan merk yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan perpindahan merk konsumen pengguna merk kartu handphone dilaksanakan dengan membagikan kuisioner kepada 50 orang responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor perpindahan merk dan keputusan perpindahan merk. Metode pengambilan sampelnya adalah sampel diambil dari sebagian dari jumlah konsumen pengguna kartu handphone di kecamatan Kalijambe, kabupaten Sragen. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi parsial (uji t), analisis regresi bersama-sama (uji F) dan analisis koefisien determinasi majemuk(R2). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda nilai koefisien regresi menunjukkan pengaruh positif dari atribut faktor perpindahan merk yaitu Keterlibatan Yang Rendah (0,198), Kebutuhan Mencari Variasi (0,177), Ketidakpuasan Konsumen (0,224), dan Iklan (0,443) terhadap keputusan perpindahan merk konsumen pengguna merk kartu handphone di kecamatan Kalijambe, kabupaten Sragen. Berdasarkan hasil analisis regresi parsial (uji t), menunjukkan pengaruh posiif dari atribut faktor perpindahan merk yaitu t hitung Keterlibatan Yang Rendah (2,087), t hitung Kebutuhan Mencari Variasi (2,160), t hitung Ketidakpuasan Konsumen (2,105), dan t hitung Iklan (2,652) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merk konsumen pengguna merk kartu handphone di kecamatan Kalijambe, kabupaten Sragen dimana t hitung atribut tersebut lebih besar dari t tabel, (1,676). Berdasarkan hasil analisis regresi bersama-sama (uji F), menunjukkan F hitung lebih besar dari F tabel (6,105 > 2,56). Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2), menunjukkan angka 0,352 atau 35,20 % berarti masih terdapat variabel lain di luar penelitian sebesar 100 % - 35,20 % = 64,80 % yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan perpindahan merk konsumen pengguna merk kartu handphone. Saran yang dapat disampaikan bahwa perusahaan atau operator telkom harus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari merk suatu produk sehingga konsumen bisa puas dari merk suatu produk tersebut dan memungkinkan konsumen akan loyal dan mengadakan pembelian ulang terhadap merk suatu produk atau jasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Perpindahan Merk, Keputusan Perpindahan Merk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Nov 2009 08:04
Last Modified: 13 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item