PENGARUH BIAYA SALURAN DISTRIBUSI DAN BIAYA PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. AIR MANCUR KARANGANYAR

Sari, Septi Anita (2009) PENGARUH BIAYA SALURAN DISTRIBUSI DAN BIAYA PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. AIR MANCUR KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050133.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
A210050133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan; 2) pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan; 3) pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya periklanan terhadap volume penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh biaya saluran distribusi, biaya periklanan dan volume penjualan pada PT. Air Mancur Karanganyar tahun 2004-2008. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling karena seluruh populasi diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2 , serta sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Air Mancur Karanganyar. Hal ini terbukti dari h asil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 4,068 lebih besar daripada t tabel (2,101) pada taraf signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan pada PT. Air Mancur Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 2,893 lebih besar daripada t tabel (2,101) pada taraf signifikansi 5%; (3) Terdapat pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya periklanan secara bersama-sama terhadap volume penjualan pada perusahaan PT. Air Mancur Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan Fhitung sebesar 145,491 lebih besar daripada Ftabel (3,59) pada taraf signifikansi 5%; (4) Variabel biaya saluran distribusi memberikan sumbangan relatif sebesar 55,6% dan sumbangan ef ektif 58,8% terhadap volume penjualan. Variabel biaya periklanan memberikan sumbangan relatif sebesar 41,2% dan sumbangan efektif 38,9% terhadap volume penjualan. Jadi secara keseluruhan variabel biaya saluran distribusi dan biaya periklanan memberikan sumbangan sebesar 94,5% terhadap volume penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: biaya saluran distribusi , biaya periklanan, volume penjualan
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 20 Nov 2009 08:52
Last Modified: 16 Nov 2010 01:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item