KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, IKLIM KOMUNIKASI KELAS, DAN MOTIVASI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP PGRI 23 BANTARSARI CILACAP TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Hidayati, Novy (2008) KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, IKLIM KOMUNIKASI KELAS, DAN MOTIVASI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP PGRI 23 BANTARSARI CILACAP TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410010099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kontribusi minat belajar, iklim komunikasi kelas dan motivasi keluarga terhadap hasil belajar matematika, (2) untuk mengetahui kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk mengetahui kontribusi iklim komunikasi kelas terhadap hasil belajar matematika, (4) untuk mengetahui kontribusi motivasi keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMP PGRI 23 bantarsari cilacap tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 45 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode angket dan metode dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi linier ganda. Pengujian prasyarat analisis yang di lakukan adalah uji normalitas, uji linieritas, dan uji independensi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% dapat di simpulkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi bersama yang positif dan signifikan minat belajar, iklim komunikasi kelas, dan motivasi keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fhitung = 11,634 > Ftabel = 2,82 dan persamaan regresi Y = - 54,272 + 0,787 x1 + 0,700 x2 + 0,437 x3 , (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung untuk x1 = 3,284 > ttabel = 1,68, (3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan iklim komunikasi kelas terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung untuk x2 = 2,562 > ttabel = 1,68, (4) Terdapat kontribusi motivasi keluarga yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung untuk x3 = 2,210 > ttabel = 1,68.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Iklim komunikasi kelas, Motivasi keluarga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Sep 2008 03:01
Last Modified: 17 Nov 2010 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item