ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK TELEPON SELULER MEREK NOKIA DI KABUPATEN SUKOHARJO

PUTRA, DHAMAR SETIADJI (2009) ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK TELEPON SELULER MEREK NOKIA DI KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040307.PDF

Download (30kB)
[img] PDF
B100040307.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan terhadap pengguna telepon seluler Nokia lingkungan masyarakat di kabupaten Sukoharjo. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data dari data primer adalah diperoleh melelui hasil kuesioner sedangkan sumber data dari data sekunder berupa buku, laporan penelitian, maupun literatur-literatur lain yang sesuai dengan penelitian ini. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan subyek yang akan dijadikan sampel penelitian secara sengaja yang bertujuan untuk menarik sampel yang representatif artinya mampu mewakili populasi yang diselidiki. Dengan perkataan lain, sampling dilakukan dengan mempertimbangkan syarat-syarat yang telah ditetapkan sebelumnya. Adapun syarat-syaratnya adalah Responden memiliki serta pernah menggunakan telepon seluler Nokia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi. Dari proses analisis yang dilakukan, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -0,267 + 0,214 X1 + 0,314 X2 + 0,303 X3 + 0,234 X4, berdasarkan nilai dari Standartlized Coefficients Beta dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan dalam mmberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian adalah variabel Pekerjaan (X2). Uji t yang dilakukan pada variabel Pendidikan (X1) diperoleh nilai thitung (1,348) < dari ttabel (2,021), berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Uji t pada variabel Pekerjaan (X2) diperoleh nilai thitung (2,314) > dari t tabel (2,021), berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Uji t variabel Pendapatan (X3) diperoleh nilai thitung (2,114) > dari ttabel (2,021) berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y). Uji t variabel Selera konsumen (X4) diperoleh nilai thitung (2,069) > dari ttabel (2,021), berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y). Hasil uji F yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai nilai Fhitung > Ftabel (11,753 > 2,61), berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel pendidikan, pekerjaan, pendapatan, selera konsumen terhadap keputusan pembelian. Hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya sumbangan atau pengaruh yang diberikan variabel bebas adalah 51,1% (R2 = 0,511), terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Selera dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 20 Nov 2009 03:03
Last Modified: 13 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item