PENGARUH INTERNAL ORGANIZATION RELATIONSHIP DAN EMPLOYECOSTUMER RELATIONSHIP TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SARDI, SHENFRI (2009) PENGARUH INTERNAL ORGANIZATION RELATIONSHIP DAN EMPLOYECOSTUMER RELATIONSHIP TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040305.PDF

Download (60kB)
[img] PDF
B100040305.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh internal organization relationship dan employe-costumer relationship berpengaruh terhadap pemberdayaan karyawan; (2) di antara internal organization relationship dan employe-costumer relationship yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pemberdayaan karyawan. Penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi adalah seluruh karyawan administrasi UMS yang berjumlah 132 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 57 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Internal organization relationship berpengaruh positif terhadap pemberdayaan karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai koefisien sebesar 0,475 dengan nilai p=0,000, sedangkan nilai thitung > ttabel (5,756 > 2,000) pada taraf signifikansi 5% dengan p<0,05; 2) Employe-customer relationship berpengaruh positif terhadap pemberdayaan karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai koefisien sebesar 0,458 dengan nilai p=0,000, sedangkan nilai thitung > ttabel (4,967 > 2,000) pada taraf signifikansi 5% dengan p<0,05; 3) Variabel internal organization relationship berpengaruh dominan terhadap pemberdayaan karyawan. Terbukti dari hasil pengujian koefisien beta yang memperoleh nilai 1 untuk variabel internal organization relationship lebih besar daripada koefisien 2 variabel employe-customer relationship (0,511 > 0,441) pada taraf signifikansi 5%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: internal organization relationship, employe-costumer relationship, pemberdayaan karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 20 Nov 2009 02:22
Last Modified: 25 Oct 2011 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4842

Actions (login required)

View Item View Item