KINERJA PERUSAHAAN DITINJAU DARI LINGKUNGAN BISNIS DAN STRATEGI BERSAING (STUDI EMPIRIS PADA WARNET DI LINGKUNGAN UMS)

Purnaningsih, Evi (2009) KINERJA PERUSAHAAN DITINJAU DARI LINGKUNGAN BISNIS DAN STRATEGI BERSAING (STUDI EMPIRIS PADA WARNET DI LINGKUNGAN UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050116.pdf

Download (170kB)
[img] PDF
A210050116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui pengaruh strategi bersaing terhadap kinerja perusahaan, 2. Mengetahui pengaruh lingkungan bisnis terhadap kinerja perusahaan dan 3. Mengetahui pengaruh strategi bersaing dalam lingkungan bisnis terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif, sebab penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antar variabel. Penelitian ini akan menguji pengaruh lingkungan bisnis dan strategi bersaing terhadap kinerja perusahaan pada usaha bisnis warnet yang berlokasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah 15 perusahaan warnet yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data diperoleh melalui angket, yang sebelumnya di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji T dan determinasi (R2) Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 16,563 > 3,89 (taraf signifikan 5%). Berarti antara lingkungan bisnis (X1) dan strategi bersaing (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan (Y) yang mana juga ditunjukkan melalui persamaan regresi: Y = -16,013 + 1,812 X1 + 0,270 X2. Hasil perhitungan menunjukkan hasil bahwa thitung untuk lingkungan bisnis (X1) sebesar 4,837 > 2,160 dan strategi bersaing (X2) sebesar 2,336 > 2,160, harga thitung dari kedua variabel menunjukkan lebih besar dari ttabel (taraf signifikan 5%), berarti Ho ditolak, sehingga lingkungan bisnis (X1) dan strategi bersaing (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan (Y). Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,734 ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan bisnis dan variabel strategi bersaing berpengaruh terhadap kinerja perusahaan warnet sebesar 73,4%. Sedangkan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan bisnis, strategi bersaing, kinerja perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2009 09:04
Last Modified: 02 Jan 2012 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4840

Actions (login required)

View Item View Item