MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN 2008

SUPRIYANTO, AGUS (2009) MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000050126.pdf

Download (225kB)
[img] PDF
G000050126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat berpengaruh pada jati diri seseorang, dengan sebuah pendidikan seseorang dapat menemukan jati dirinya, membangun karakter dan mempunyai tujuan hidup masa depan sehingga tujuan menjadi menusia seutuhnya dapat tercapai. Maka dalam hal ini penulis meneliti sebuah lembaga pendidikan yang dalam pemantauan penulis lembaga ini semakin hari semakin berkembang yang dilihat dari kualitas dan kuantitas madrasah tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan-permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan di MA Al Islam Jamsaren Surakarta? Apa faktor penghambat dan pendukung dalam manajemen pendidikan di MA Al Islam Jamsaren Surakarta serta usaha-usaha dalam mengatasinya ? Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan yang digunakan di MA Al Islam Jamsaren Surakarta, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat serta pendukung manajemen pendidikan dalam memenej serta usaha-usaha dalam mengatasinya. Dari tujuan tersebut diharapkan memberi manfaat dalam memajukan madrasah serta memberikan sumbangsing kepada agama, masyarakat dan negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data tidak berbentuk angka yang ditandai dengan pelaporan data dari subjek yang diteliti. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarpras dan humas, waka kesiswaan, waka kurikulum, bagian administrasi dan dewan guru yang terkait dalam penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode yaitu eksperimen, observasi, serta wawancara terbimbing (Guide Interview) yaitu metode wawancara dengan pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian hasil dari data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pada dasarnya MA Al Islam Jamsaren telah melakukan prinsip-prinsip manajemen adapun pendukung dari manajemen pendidikan di MA Al Islam Jamsaren adalah adanya kerjasama antara madrasah dan pemerintah (DIKNAS) sebagai polisi kebijakan pemerintah baik dalam kurikulum ataupun yang lainnya dan secara struktur hirarki adalah dari (DEPAG) adapaun faktor penghambatnya diantaranya ialah keadaan sarana yang kurang bisa dimanfaatkan secara maksimal, sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal dalam proses belajar mengajar, dikarenakan ada sebagian dari pendidik belum bisa memaksimalkan sarana dan prasarana yang tersedia, manajemen keuangan yang masih pas-pasan walaupun telah dikatakan stabil dalam pembiayaan operasional pendidikan, tetapi untuk ukuran sebuah madrasah perlu pembiayaan dan pendapatan yang lebih agar mudah untuk berkembang serta kecakapan kerja dan profesional yang sepenuhnya belum dimiliki oleh setiap personal dalam menjalankan manajemen pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:48
Last Modified: 16 Nov 2010 01:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item View Item