HUBUNGAN ANTARA KETERTARIKAN IKLAN POND’S DI TELEVISI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK POND’S PADA MAHASISWA

NANDITYASARI, IKA (2009) HUBUNGAN ANTARA KETERTARIKAN IKLAN POND’S DI TELEVISI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK POND’S PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040190.PDF

Download (55kB)
[img] PDF
F100040190.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Keputusan membeli produk Pond’s dapat dipengaruhi oleh ketertarikan iklan Pond’s di televisi. Iklan diharapkan mampu menumbuhkan sikap positif pemirsa terhadap merek suatu produk, sehingga akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ketertarikan iklan pond’s di televisi dengan keputusan membeli produk Pond’s pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara ketertarikan iklan pond’s di televisi dengan keputusan membeli produk Pond’s pada mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang kost di Kost Mama, Kost Syafaat dan Kost Ibu Indry; dengan rincian : Kost mama ada 22 orang, Kost Syafaat ada 15 orang, dan Kos Ibu Indry ada 13 orang. Total subjek ada 50 orang dengan ciri-ciri : a) mahasiswa yang pernah melihat iklan Pond’s di televisi, b) berjenis kelamin perempuan dengan usia antara 17-24 tahun, c) bertempat tinggal dikost.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota purposive sample. Pengumpulan data menggunakan skala ketertarikan iklan Pond’s di televisi dan skala keputusan membeli produk Pond’s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,672; p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara ketertarikan iklan Pond’s di televisi dengan keputusan membeli produk Pond’s. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis step-wise (regresi) diketahui aspek pada variabel ketertarikan iklan Pond’s di televisi yang paling dominan terhadap keputusan membeli produk Pond’s yaitu aspek preference memberikan sumbangan efektif = 40,57 Sumbangan efektif variabel ketertarikan iklan Pond’s di televisi terhadap keputusan membeli produk Pond’s = 45,2% ditunjukkan dengan nilai Rsquared = 0,452. Ketertarikan iklan Pond’s di televisi subjek penelitian kategori tinggi ditunjukkan mean empirik (ME) = 89,66 dan mean hipotetik (MH) = 75. Keputusan membeli produk Pond’s pada subjek penelitian kategori sedang ditunjukkan mean empirik (ME) = 62,40 dan mean hipotetik (MH) = 62,5. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara ketertarikan iklan Pond’s di televisi dengan keputusan membeli produk Pond’s. Hal ini berarti variabel ketertarikan iklan Pond’s di televisi dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan atau mengukur variabel keputusan membeli produk Pond’s.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan membeli , ketertarikan iklan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:40
Last Modified: 13 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item View Item