PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 1 WIROSARI

MARTININGRUM, DIAH (2009) PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 1 WIROSARI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040183.PDF

Download (53kB)
[img] PDF
F100040183.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Perilaku menyontek adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar, tetapi kurang mendapat perhatian dalam wacana pendidikan di Indonesia. Kurangnya perhatian mengenai perilaku menyontek disebabkan karena kebanyakan orang menganggap masalah menyontek sebagai sesuatu yang sifatnya sepele, padahal masalah menyontek merupakan sesuatu yang sangat mendasar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran perilaku menyontek yang terjadi pada siswa. Searah dengan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memahami dan memberikan gambaran secara jelas mengenai perilaku menyontek yang terjadi pada siswa. Perilaku menyontek sering dilakukan pada saat ujian atau ulangan karena pelaku hanya berorientasi pada hasil ujian atau ulangan. Menyontek sering dilakukan siswa dengan cara membuat ringkasan dari buku atau catatan untuk dibawa keruang kelas dan pada saat pengawas lengah catatan bisa dibuka. Membawa catatan hanya digunakan siswa untuk cadangan bila teman yang dimintai contekan tidak bisa memberi jawaban. Siswa menyontek disebabkan oleh siswa ingin mendapat nilai baik tapi tidak diimbangi dengan belajar. Gejala penelitian yang menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah perilaku menyontek pada siswa SMA, dengan menggunakan metode penelitian fenomenologi. Informasi dikumpulkan melalui wawancara panjang dengan informan yang berjumlah 5 orang siswa SMA N 1 Wirosari yang pernah menyontek saat ujian. Para informan dikumpulkan dengan cara “snow-ball” yaitu melalui referensi dari seorang teman atau responden ke responden lainya. Analisis data menggunakan metode Stevick-Colaizzi-Keen . Hasil penelitian dapat diambil kesimpulannya, yaitu semua informan pernah melakukan bentuk-bentuk menyontek, di antaranya, yaitu: membawa catatan pada saat ujian dan minta jawaban teman. Siswa menyontek dipengaruhi oleh faktor ingin mendapat nilai bagus supaya tidak dimarahi orang tua dan malu dengan teman, kurangnya kepercayaan diri, malas belajar, dan sikap guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku menyontek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:30
Last Modified: 13 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item