PELAKSANAAN KTSP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTABARAT SURAKARTA (Studi Kasus Peran Profesional Guru dalam Pengembangan Kontent dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran Tahun 2008/2009)

S U M I Y A T I, S U M I Y A T I (2009) PELAKSANAAN KTSP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTABARAT SURAKARTA (Studi Kasus Peran Profesional Guru dalam Pengembangan Kontent dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran Tahun 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000050009.pdf

Download (219kB)
[img] PDF
G000050009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Peran Profesional Guru dalam Pengembangan kontent dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran berbasis KTSP Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui begitu pentingnya peran profesional guru dalam iklim KTSP yang terfokus pada proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Peran guru dalam perencanaan dilihat dari kemampuan guru dalam merencanakan sistem pembelajaran dengan menyusun silabus dan RPP. Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran adalah mampu membentuk kompetensi dalam kegiatan yang direncanakan dengan subjek dan objek siswa, sesuai dengan apa yang digariskan dalam kurikulum (SK-KD) sebagaimana dijabarkan dalam RPP. Sedangkan dalam pengevaluasian, seorang guru memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang relevan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Etnografi. Sumber data berupa kata-kata dan tindakan, serta sumber tertulis. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif dan evaluatif yang terdiri dari tiga kegiatan; yaitu pengumpulan data dan sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru telah menerapkan prinsip-prinsip dasar kompetensi profesional guru dalam pembelajaran berbasis KTSP yang telah mengutamakan pentingnya pengembangan kontent dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang tepat. Indikatornya, (1) kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang sistematis, hal ini terlihat pada pengembangan Silabus dan RPP sesuai dengan Standar Isi (2). Dalam pelaksanaan pembelajaran dilihat pada kemampuan dalam melaksanakan sistem pembelajaran yaitu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.(3) Peran guru sebagai evaluator belajar terlihat dari bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu berupa tes dan non tes. Faktor Pendukung Implementasi Pembelajaran KTSP yaitu (1) keadaan sekolah yang mempunyai kewenangan dan kemampuan mengembangkan Silabus sendiri, (2) keadaan karakteristik siswa yang kompleks, (3) kualifikasi guru yang memenuhi pendidikan S1 dan S2 dimana 90 % dari sarjana kependidikan dan pegawai tetap, (4) adanya pelatihan bagi guru. Kendati demikian masih ada beberapa kendala yang dihadapi guru; (1) pendistribusian tenaga pengajar yang tidak sesuai dengan bidangnya (2) pelaksanaan pembelajaran: belum maksimal dalam mengelola kelas, metode pembelajaran kurang bervariasi; Pemanfaatan sumber belajar belum maksimal; kurang optimal dalam memanfaatkan sarana.(3) Permasalahan dalam evaluasi pembelajaran: belum mengoptimalkan tiga ranah kompetensi; guru kurang memperhatikan evaluasi proses belajar siswa dan hanya menekankan pada evaluasi hasil belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Profesional Guru, Perencanaan, Pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran KTSP.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:16
Last Modified: 16 Nov 2010 01:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4824

Actions (login required)

View Item View Item