ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PUTRA JAYA ROTAN

Cahyaningrum, Ria (2009) ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PUTRA JAYA ROTAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210050098.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengaruh penetapan harga jual terhadap volume penjulan, 2. Mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan, dan 3. Mengetahui pengaruh penetapan harga jual dan biaya promosi secara bersamaan terhadap volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah data harga jual, biaya promosi dan volume penjualan perusahaan Putra Jaya Rotan pada tahun 2004-2008. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena keseluruhan populasi dapat diteliti. Untuk itu dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel dan teknik sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan : Y = -2,01.108 + 1204,393X1 + 24,844X2, berarti penetapan harga jual dan biaya promosi berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Untuk uji hipotesis menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 476,991 > Ftabel = 4,74 pada taraf signifikan 5%, berarti penetapan harga jual dan biaya promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Uji t diperoleh hasil, untuk variabel penetapan harga jual (X1) sebesar 19,196 atau (thitung 19,196 >ttabel 2,306), berarti penetapan harga jual berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada taraf signifikan 5%, sementara untuk variabel biaya promosi (X2) diperoleh thitung = 2,375 > ttabel = 2,306, artinya biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada taraf signifikan 5%. Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0,993 menunjukkan bahwa variabel penetapan harga jual dan biaya promosi berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 99,3 %. Untuk sisanya sebesar 0,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penetapan harga jual, biaya promosi, volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:09
Last Modified: 24 Oct 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4820

Actions (login required)

View Item View Item