PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)

SUSILANINGSIH, ANIS (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050199.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
A410050199.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410050199...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan procedural fluency (kelancaran dalam menyelesaikan langkah demi langkah) terhadap matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dan meningkatkan prestasi belajar matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB sejumlah 36 siswa dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas terjadi peningkatan kemampuan procedural fluency yang meliputi aspek: 1) siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan(5,5%) meningkat diakhir tindakan (23,5%), 2) terlibat dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan (2,7%) meningkat diakhir tindakan (52,9%), 3) menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan(5,5%) meningkat diakhir tindakan (14,7%), 4) mengerti dan dapat melakukan langkah GI sebelum tindakan (0%) meningkat diakhir tindakan (79,4%), 5) mendefinisikan konsep sebelum tindakan (22,2%) meningkat diakhir tindakan (44,1%), 6) mengeksplorasi konsep sebelum tindakan (22,2%) meningkat diakhir tindakan (73,5%), 7) mengaplikasikan konsep sebelum tindakan (41,6%) meningkat diakhir tindakan (76,4%), 8) menjalin kerjasama dalam kelompok sebelum tindakan (27,7%) meningkat diakhir tindakan (79,4%), prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan sebelum tindakan (22,2%) meningkat diakhir tindakan (76,4%). Dari penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran model GI dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Group-Investigation, Pembelajaran, Kooperatif, Meningkatkan, Kemampuan-siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:45
Last Modified: 02 May 2011 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4811

Actions (login required)

View Item View Item