IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN LANGKAH – LANGKAH POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika pada Kelas X SMA Negeri 1 Jakenan Tahun Ajaran 2008/2009)

MUSFIROH, DWI FADLILAH (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN LANGKAH – LANGKAH POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika pada Kelas X SMA Negeri 1 Jakenan Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050189.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
A410050189.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika melalui pendekatan langkah-langkah Polya terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) apakah ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran matematika melalui pendekatan langkah-langkah Polya dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Jakenan, sedangkan sampel diambil 70 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalur, yang sebelumnya dilakikan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menggunakan α = 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh pembelajaran matematika melalui pendekatan langkah-langkah Polya terhadap prestasi belajar matematika dengan signifikasi 0,001 < 0,05 (2) terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikasi 0,002 < 0,05 dan (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran matematika melalui pendekatan langkah-langkah Polya dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan signifikasi 0,201 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Langkah-Polya, Kemampuan-awal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:36
Last Modified: 16 Nov 2010 01:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item