EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING DAN DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Ngrampal Kabupaten Sragen)

NURHAYATI, SITI (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING DAN DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Ngrampal Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050187.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A410050187.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan pembelajaran dengan pendekatan snowball throwing dan drill terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP N 2 Ngrampal yang terdiri dari 6 kelas sedangkan sampel yang digunakan siswa sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh pembelajaran dengan pendekatan snowball throwing dan drill terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai probabilitas 0,018 < 0,05, (2) Ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, (3) Tidak ada efek interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai probabilitas 0,676 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing, drill, prestasi belajar, kemampuan awal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:32
Last Modified: 16 Nov 2010 01:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item