HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN LOYALITAS MEREK KARTU PRABAYAR IM3 PADA REMAJA

RACHMANI D, AMALISA (2009) HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN LOYALITAS MEREK KARTU PRABAYAR IM3 PADA REMAJA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040108.PDF

Download (1MB)
[img] PDF
F100040108.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Loyalitas merek yang terjadi pada pelanggan merupakan dorongan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang dan untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh badan usaha tersebut membutuhkan waktu yang lama melalui suatu proses pembelian yang berulang-ulang tersebut. Perusahaan secara konsisten tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk masing-masing yang terfokus pada loyalitas konsumen. Perusahaan berusaha memenuhi harapan konsumen terhadap merek tersebut dari segi kualitas, harga maupun ketersediaan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kohesivitas kelompok teman sebaya dengan loyalitas merek kartu pra bayar IM3 pada remaja. (2) Tingkat loyalitas merek kartu pra bayar IM3 pada remaja. (3) Tingkat kohesivitas teman sebaya Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang membeli kartu pra bayar di counter Speed Cell Jl. Mallioboro, Yogyakarta dengan sampel pada remaja yang membeli kartu prabayar IM3 di counter Speed Cell Jl. Mallioboro, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik incidental. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode skala, yaitu skala kohesivitas kelompok teman sebaya dan skala loyalitas merek kartu pra bayar IM3. Analisis data menggunakan teknik product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan teknik koefisien korelasi product moment diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) Ada hubungan antara kohesivitas kelompok teman sebaya dengan loyalitas kartu pra bayar IM3 (R = 0,991 dengan p = 0,00). Sumbangan efektif kohesivitas teman sebaya terhadap loyalitas merek kartu pra bayar IM3sebesar 98,3%, yang berarti masih terdapat 1,3% variabel-variabel lain yang mempengaruhi loyalitas merek kartu pra bayar IM3, selain kohesivitas teman sebaya, antara lain harga produk dan pelayanan. (2) Hasil kategori loyalitas kartu pra bayar IM3 tergolong tinggi. (3) Hasil kategori kohesivitas kelompok teman sebaya tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kohesivitas, loyalitas merek ,kartu pra bayar IM3 pada remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:16
Last Modified: 13 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item View Item