STRATEGI KOPING PENDERITA HIV/AIDS

WIDIYANTO, WAHYU (2009) STRATEGI KOPING PENDERITA HIV/AIDS. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040102.PDF

Download (138kB)
[img] PDF
F100040102.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

HIV/AIDS merupakan penyakit yang ditakuti oleh manusia. Kebanyakan penderita HIV/AIDS akan meninggal dunia karena mengalami kegagalan fungsi organ, sakit saluran pencernaan ataupun sakit saluram paru-paru. Penderita HIV/AIDS banyak sekali mengalami masalah-masalah psikologis dalam menjalani hidupnya. Pemilihan strategi koping yang sesuai dapat menyelesaikan masalah-masalah psikologis yang dihadapi penderita HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem psikologis apa saja yang dihadapi penderita HIV/AIDS dan strategi koping apa yang digunakan penderita HIV/AIDS dalam menghadapi problem psikologis. Informan dalam penelitiam ini berjumlah 3 orang, informan penelitian memiliki cirri-ciri sebagai berikut : penderita HIV/AIDS, sudah menikah, memiliki anak, dan pernah dirawat di rumah sakit atau tempat pengobatan alternatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem psikologis yang dihadapi penderita HIV/AIDS adalah : stres, merasa bersalah, putus asa dan ketakutan akan kematian dalam hidup. Strategi koping yang digunakan pemderita HIV/AIDS adalah konsultasi, berdoa kepada ALLAH, pasrah dan cuek dengan masalah Kata kunci : HIV/AIDS, problem psikologis, strategi koping

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, problem psikologis, strategi koping
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:04
Last Modified: 13 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item