HUBUNGAN ANTARA IKLAN PARTAI POLITIK DI TELEVISI DENGAN SIKAP PEMILIH PADA PEMILU 2009

PRATIWI, ISTIYANI (2009) HUBUNGAN ANTARA IKLAN PARTAI POLITIK DI TELEVISI DENGAN SIKAP PEMILIH PADA PEMILU 2009. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040087.PDF

Download (70kB)
[img] PDF
F100040087.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk kampanye yang digunakan sebuah parpol berhubungan dengan sikap pemilih pada waktu pemilu. Iklan diharapkan mampu menumbuhkan sikap positif pemirsa terhadap partai, sehingga akan membuat masyarakat memilih pada saat hari pemungutan suara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklan partai politik di TV dengan sikap pemilih pada pemilu 2009. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara iklan parpol di televisi dengan sikap pemilih 2009. Subjek penelitian adalah masyarakat Kelurahan Kutowinanguan, Kec. Tingkir Salatiga, dengan rincian 50 orang pelajar / mahasiswa, 50 orang PNS dan 50 orang wiraswasta. Jumlah subjek 150 orang dengan ciri-ciri berusia minimal 17 tahun dan pernah melihat iklan parpol di televisi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive cluster quota sample. Pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengukuran data menggunakan skala iklan televisi dan skala sikap pemilih. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis product moment dan anava 1 jalur. Berdasarkan hasil perhitungan analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,420 dengan p : 0,000 (p≤0,001), artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklan parpol di TV dengan sikap pemilih pada pemilu 2009. berdasarkan analisis anava 1 jalur diketahui nilai F = 0,735 dengan p = 0,515, 0 >0,05, artinya tidak ada perbedaan antara kelompok-kelompok subjek penelitian. Sumbangan efektif variabel iklan parpol di Televisi terhadap sikap pemilih = 17,6 % ditunjukkan dengan nilai koefisien determinum = 0,176. Iklan parpol di mean hapotetik = 107,5. Sikap pemilih pada subjek penelitian kategor tinggi ditunjukkan mean empirik 130,973. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklan partai politik di televisi dengan sikap pemilih pada pemilu 2009. Hal ini berarti variabel iklan partai politik di televisi dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan variabel sikap pemilih.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklan partai politik, Televisi , sikap pemilih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Nov 2009 06:02
Last Modified: 03 Jan 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item