HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KUALITAS PENGAJARANGURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA

MURWANI, HESTY ARYA (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KUALITAS PENGAJARANGURU MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040003.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
F100040003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Prestasi belajar matematika adalah hasil yang dicapai seseorang dalam penguasaan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman tentang matematika dan dapat dilihat dari adanya perubahan tingkah laku. Dalam proses penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran ditunjukan dengan nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar juga dipengaruhi oleh persepsi kualitas pengajaran guru matematika. Persepsi kualitas pengajaran guru matematika adalah suatu proses pengamatan dan menyimpulkan sejauh mana kemampuan guru dalam menjalankan perannya sebagai sumber belajar, fasilitator, pembimbing dan motivator yang selalu dinantikan oleh siswa dalam menyampaikan materi pelajaran matematika dan mencapai tujuan pengajaran. Jadi seorang guru yang memiliki persepsi kualitas pengajaran guru yang baik diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui hubungan antara persepsi kualitas pengajaran guru matematika dengan prestasi belajar matematika siswa di SMA. Secara khusus, dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru matematika untuk terus meningkatkan kualitas mengajarnya sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar matematika siswanya. Hipotesis yang diambil dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi kualitas pengajaran guru matematika dengan prestasi belajar matematika siswa di SMA. Artinya semakin tinggi persepsi kualitas pengajaran guru matematika maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 107 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi kualitas pengajaran guru matematika dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini kemudian di analisis dengan teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa persepsi kualitas pengajaran guru matematika berkorelasi positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kategorisasi skala persepsi kualitas pengajaran guru matematika pada subjek penelitian tergolong sedang dan kategorisasi skala prestasi belajar matematika pada subjek penelitian tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kualitas Pengajaran Guru Matematika, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 19 Nov 2009 02:36
Last Modified: 27 Oct 2011 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item