PENGARUH MARKETING MIX DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI CARREFOUR PABELAN KARTASURA

Widiyawati, Ratih (2009) PENGARUH MARKETING MIX DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI CARREFOUR PABELAN KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050085.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
A210050085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Carrefour pabelan Kartasura. Sampel diambil sebanyak 50 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t,dan uji R2. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,461 + 0,243.X1 + 0,583.X¬2. Artinya keputusan pembelian dipengaruhi oleh jasa marketing mix dan kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Carrefour Pabelan Kartasura. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 3,258> 2,01 diterima pada taraf signifkansi 5%. (2)Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Carrefour Pabelan Kartasura. Hal ini terbukti dari hasil yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 4,892 > 2,01 diterima pada taraf signifkansi 5%. (3) Marketing mix dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Carrefour Pabelan Kartasura. Hal ini terbukti dari hasil uji f yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 34,733 > 3,20 diterima pada taraf signifkansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai (R2) sebesar = 0,596 yang artinya marketing mix dan kualitas pelayanan dapat meningkatkan keputusan pembelian sebesar 59,6%, sedangkan 40,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: marketing mix, kualitas pelayanan, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2009 09:05
Last Modified: 24 Oct 2011 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item