PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEER-TEACHING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 TRUCUK

SULISTYANI, IVA (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEER-TEACHING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 TRUCUK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050172.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
A410050172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan pendekatan peer-teaching dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika (2) pengaruh minat belajar siswa yang tinggi, sedang, rendah terhadap hasil belajar matematika (3) interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan peer-teaching ditinjau dari minat belajar siswa yang tinggi, sedang, rendah terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi atau semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk semester II yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% dapat disimpulkan (1) ada pengaruh penggunaan pendekatan peer-teaching dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi 0.000<0.05 (2) ada pengaruh minat belajar siswa yang tinggi, sedang, rendah terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi 0.000<0.05 (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan peer-teaching ditinjau dari minat siswa yang tinggi, sedang, rendah terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi 0.728>0.05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan peer-teaching memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer-teaching, konvensional, minat belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:23
Last Modified: 02 May 2011 09:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item