EKSPERIMENTASI METODE PENEMUAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WERU TAHUN AJARAN 2008/ 2009

SETYANINGSIH, ERWIN (2009) EKSPERIMENTASI METODE PENEMUAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WERU TAHUN AJARAN 2008/ 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050149.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
A410050149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika (2) pengaruh aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika (3) interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2008/ 2009 sebanyak enam kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok, serta dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama yang sebelumnya juga dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menggunakan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fobs = 14,576 (2) terdapat pengaruh aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fobs = 4,478 (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fobs = 0,086.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode penemuan, pembelajaran matematika, scaffolding, aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:05
Last Modified: 16 Nov 2010 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4759

Actions (login required)

View Item View Item