PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL THINK – PAIR - SHARE (PTK Di SMP N 3 Jatipuro Tahun Ajaran 2008/2009)

MEGAWATI, LINDA (2009) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL THINK – PAIR - SHARE (PTK Di SMP N 3 Jatipuro Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050148.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
A410050148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menggunakan pendekatan struktural TPS. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VII SMP N 3 jatipuro sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian,sedangkan siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Jatipuro yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tiga alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan,dikembangkan selama proses,untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pasa setiap putaran selama tiga putaran. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang meliputi 1) keaktifan siswa dalam belajar dengan aspek a) keaktifan bertanya meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 62,5% di akhir tindakan b) keaktifan menjawab pertanyaan meningkat dari 9,37 % sebelum tindakan menjadi 71,87% diakhir tindakan c) keaktifan mengemukakan pendapat meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 53,12% di akhir tindakan, 2) perhatian siswa dalam belajar dengan aspek a) mengerti dan melakukan langkah TPS meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 56,25% di akhir tindakan b) dapat bekerja sama dalam kelompok meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 68,75% di akhir tindakan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 15,62% sebelum tindakan menjadi 81,25% di akhir tindakan. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan struktural TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi-belajar,pendekatan-struktural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:01
Last Modified: 16 Nov 2010 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item View Item