PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TERBIMBING BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SLTP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI

FEBRUANI, FEBRUANI (2009) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TERBIMBING BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SLTP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050137.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A410050137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika di SLTP Negri 2 Sawit Boyolali (2) proses pelaksanaan pembelajaran diskusi terbimbing di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali (3) evaluasi dalam pembelajaran matematika yang terdapat di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali (4) cara mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran matematika di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII F di SLTP Negeri 2 Sawit. Guru dalam penelitian ini adalah sebagai key informasinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan wawancara sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi dan catatan lapangan sebagai metode bantu. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan obsevasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) untuk perencanaan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali menerapkan tahapan (a) materi baru (b) Materi lanjutan (2) proses pelaksanaan pembelajaran diskusi terbimbing di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali pada dasarnya sangat membantu dalam meningkatkan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung (3) evaluasi dalam pembelajaran matematika yang terdapat di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali menggunakan teknik ulangan harian, tugas portofolio, ujian tengah semester dan ujian akhir semester (4) cara mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran matematika di SLTP Negeri 2 Sawit Boyolali yaitu dengan memberi pertanyaan agar siswa segera mengkondisikan dengan pembelajaran serta memberi tugas kelompok dirumah. Jadi dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran matematika di SLTP Negeri 2 Sawit telah berjalan dengan baik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diskusi terbimbing, keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:46
Last Modified: 16 Nov 2010 02:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item