EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKOHARJO

SARI, RIA KUMALA (2009) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050131.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
A410050131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : (1) Pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa (2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika (3) Interaksi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sukoharjo Tahun 2008/2009. Sampel yang diambil 84 siswa yang terbagi dalam dua kelas masingmasing kelas terdiri dari 42 siswa. Dengan tehnik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis datanya menggunakan statistik. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan mengunakan uji normalitas dengan metode liliefors dan uji homogenitas uji Bartlet. Semua perhitungan menggunakan bantuan program SPSS Versi 12. Dari analisis diperoleh (1) Fa = 4,963 dan P < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh pada prestasi belajar matematika siswa; (2)Fb = 5,411 dan P < 0,05 maka terdapat pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3)Fab= 0,623 dan P > 0,05 maka tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode kooperatif tipe STAD memberikan prestasi belajar siswa lebih baik dibanding metode konvensional khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektifitas, kooperatif, kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:37
Last Modified: 16 Nov 2010 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4750

Actions (login required)

View Item View Item