PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL DENGAN TUTOR SEBAYA (PTK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009)

PRIYANTI, NUR IKA (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL DENGAN TUTOR SEBAYA (PTK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050130.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
A410050130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar matematika melalui pembelajaran kelompok kecil dengan tutor sebaya, 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kelompok kecil dengan tutor sebaya. Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerjasama dengan guru matematika, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) pembelajaran kelompok kecil dengan tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika, (a) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru/tutor diakhir putaran mencapai (84,61 %), (b) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan kepada guru/tutor pada akhir putaran (41,02 %), (c) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan didepan kelas pada akhir putaran (46,15 %), (d) siswa yang tidak ikut mengerjakan soal latihan kelompok menurun diakhir putaran mencapai (2,56 %). 2) pembelajaran kelompok kecil dengan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada akhir putaran mencapai (97,44 %). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kelompok kecil dengan tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Kelompok-Kecil, Tutor-Sebaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:33
Last Modified: 16 Nov 2010 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item