IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOMIK PADA MATERI BANGUN RUANG (Eksperimen di Kelas VIII Semester II SMP N 1 Sambirejo, Sragen)

NURJANAH, SITI (2009) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOMIK PADA MATERI BANGUN RUANG (Eksperimen di Kelas VIII Semester II SMP N 1 Sambirejo, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050124.pdf

Download (44kB)
[img] PDF
A410050124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh pendekatan problem based learning berbasis komik dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Populasi penelitian ini adalah VIII yang terdiri dari tujuh kelas dan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIIE dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random sampling). Instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti bersama mitra guru sebagai responden untuk menjaga validitas isi. Metode pengumpulan data dengan observasi dan tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlet. Secara spesifik dalam penelitian ini menggunakan anakova dengan pengendalian pada kondisi awal variabel kriterium atau variabel terikat (Y) yaitu prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji analisis kovariansi (anakova) menggunakan taraf signifikansi α = 5% menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh pendekatan problem based learning berbasis komik pada materi bangun ruang, dengan F= 16.09. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar matemátika dengan pendekatan problem based learning berbasis komik lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa dengan pendekatan problem based learning berbasis komik meningkat sebesar 10.65, sedangkan pada pembelajaran konvensional meningkat sebesar 9.97. Kenyataan ini menunjukkan bahwa perbedaan perlakuan pada proses belajar mengajar berpengaruh terhadap penguasaan materi pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, komik, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:18
Last Modified: 16 Nov 2010 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item