ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN ATRIBUT PRODUK JASA WARUNG INTERNET Y ON LINE HONGGOWONGSO DI SURAKARTA DALAM KEPUTUSAN MENYEWA

ANTO, YONI TRI (2009) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN ATRIBUT PRODUK JASA WARUNG INTERNET Y ON LINE HONGGOWONGSO DI SURAKARTA DALAM KEPUTUSAN MENYEWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040143.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
B100040143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen yang meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan tingkat pendapatan dengan atribut warung internet Y On Line Honggowongso di Surakarta yang meliputi lokasi, kecepatan akses, harga, fasilitas, dan pelayanan dalam pengembilan keputusan menyewa dan untuk mengetahui hubungan yang paling kuat diantara variabel karakteristik konsumen dengan atribut jasa warung internet Y On Line Honggowongso di Surakarta. Adapun manfaat penelitian ini bagi pemilik warung internet, diharapkan mampu memberikan manfaat bagi perusahaan yang bersangkutan berupa informasi untuk dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Dalam penelitian ini sampel dan populasi yang digunakan adalah sebagian dari konsumen yang menyewa warung internet Y On Line Honggowongso di Surakarta yang berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan analisis Chi-Square, koefisien kontingensi, koefisien maksimum. Beerdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : hasil koefisien kontingensi yang menunjukkan bahwa hubungan yang paling kuat terdapat pada hubungan antara jenis kelamin dengan pelayanan dimana selisih C dengan Cmax sebesar 0,418517 sedangkan usia dengan kecepatan akses dimana selisih C dengan Cmax sebesar 0,448059 sedangkan tingkat pendidikan terakhir dengan harga dimana selisih C dengan Cmax sebesar 0,406385 sedangkan jenis pekerjaan dengan lokasi dimana selisih C dengan Cmax sebesar 0,444935 dan pendapatan perbulan dengan fasilitas dimana selisih C dengan Cmax sebesar 0,447664. Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis kelamin mempunyai hubungan yang besar pada konsumen dalam memberikan penilaian terhadap pelayanan, usia mempunyai hubungan yang besar pada konsumen dalam memberikan penilaian terhadap kecepatan akses, tingkat pendidikan terakhir mempunyai hubungan yang besar pada konsumen dalam memberikan penilaian terhadap harga, jenis pekerjaan mempunyai hubungan yang besar pada konsumen dalam memberikan penilaian terhadap lokasi dan pendapatan perbulan mempunyai hubungan yang besar pada konsumen dalam memberikan penilaian terhadap fasilitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kelamin, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Pekerjan, Pendapatan Perbulan, dan Atribut Produk Jasa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Nov 2009 04:29
Last Modified: 16 Nov 2010 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item View Item