ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEGIATAN JASA RAWAT INAP DI RSU TIDAR MAGELANG

YULIANTO, KURNIAWAN (2009) ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEGIATAN JASA RAWAT INAP DI RSU TIDAR MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030471.pdf

Download (277kB)
[img] PDF
B100030471.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan dari penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel pelayanan, tarif, fasilitas, dan lokasi terhadap perilaku konsumen (pasien), dan 2) Untuk mengetahui variabel penelitian mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap perilaku konsumen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Diduga ada pengaruh yang signifikan antara varoabel X (pelayanan, tarif, fasilitas, dan lokasi) terhadap variabel Y (perilaku konsumen) baik secara parsial (individu) maupun simultan (serempak), dan 2) Diduga variabel pelayanan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap perilaku konsumen. Dalam penelitian ini populasi yang diteliti ialah pasien atau keluarganya yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Tidar dari bulan Januari 2008 – bulan Juni 2008. Penelitian ini mengambil sampel 54 responden para pasien atau yang menunggu yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Tidar, Magelang. Penarikan sampel menggunakan metode proporsional random sampling.. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, uji t, uji F, dan R2. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 6,616 + 0,213X1 + 0,689X2 + 0,228X3 + 0,190X4. Artinya bahwa variabel pelayanan, tarif, fasilitas, dan lokasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap sikap konsumen di RSU Tidar Magelang; 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk pelayanan sebesar 2,330 > ttabel (2,009), variabel tarif didapatkan thitung (5,003) > ttabel (2,009), variabel fasilitas didapatkan thitung (2,676) > ttabel (2,009), dan variabel lokasi didapatkan thitung (2,221) > ttabel (2,009), artinya semakin baik penetapan pelayanan, tarif, fasilitas yang diberikan, dan lokasi yang strategis maka semakin baik dan naik pula sikap konsumen tersebut, dan variabel tarif merupakan faktor yang dominan pengaruhnya. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya; 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 31,517 > 2,800 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan, tarif, fasilitas, dan lokasi terhadap variabel sikap konsumen secara simultan. Berarti hipotesis pertama (Ha1) terbukti kebenarannya; 4) Analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,720, artinya bahwa 72,00% variasi variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh variasi variabel pelayanan, tarif, fasilitas, dan lokasi sedangkan sisanya yaitu ,00% tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis yang menyatakan: “Diduga faktor pelayanan, tarip, fasilitas dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap sikap konsumen Rumah Sakit Umum Tidar Magelang dan diduga faktor tarif mempunyai pengaruh yang dominan terhadap sikap konsumen Rumah Sakit Umum Tidar Magelang” terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Tarif, Fasilitas, Lokasi, Perilaku Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Nov 2009 03:31
Last Modified: 02 Feb 2011 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item