EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HEURISTIK PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

AJI, SIDIK PRASTYO (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HEURISTIK PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050121.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
A410050121.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa 2). Pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. 3). Efek interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dua kelas SMP Negeri 1 Girimarto. Siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan metode Heuristik dan kelas kontrol diberikan metode Konvensional. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi dan metode dokumentasi untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Teknis analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode mengajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, hal tersebut dapat dilihat dari nilai FA = 4,843> F{0,05;1,58} = 4,007. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika siswa, hal tersebut dapat dilihat pada nilai FB = 9,660> F{0,05;2,58} = 3,156 3). Tidak terdapat interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai FAB=0,098< F{0,05;2,58} = 3,158.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Heuristik, Metode Konvensional, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:46
Last Modified: 16 Nov 2010 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item