EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN JIGSAW DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Eksperimentasi pada kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

WAHYUNINGSIH, TRI (2009) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN JIGSAW DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Eksperimentasi pada kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050118.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
A410050118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 8 kelas. Sebagai sampel diambil siswa dua kelas sebanyak 60 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan cluster randam sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α= 5% diperoleh: (1) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FA = 16.180; (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 9.808; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 0.038.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TS-TS, Jigsaw, aktivitas belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:38
Last Modified: 02 May 2011 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item