PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 3 Bae Kudus)

WIDYANINGGAR, RIKA (2009) PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 3 Bae Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050108.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
A410050108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII C SMP Negeri 3 Bae dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, wakil kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas VII C yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan metode test. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya peningkatan kreatifitas dan pemahaman konsep keliling dan luas segitiga yang dapat dilihat dari a) keaktifan bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 47,5%, b) keaktifan mengemukakan ide sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 30%, c) keaktifan mengerjakan soal latihan sebelum dilakukan tindakan sebesar 10% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 67,5%, serta 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 meningkat dari 57,125% menjadi 74,623%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran think-pair-share dapat meningkatkan kreatifitas belajar dan pemahaman konsep keliling dan luas segitiga sehingga berdampak pada peningkatan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think-pair-share, peningkatan, kreatifitas-belajar, pemahaman-konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:28
Last Modified: 16 Nov 2010 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item