HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK HANDPHONE DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI

Cholifah, Nur (2009) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK HANDPHONE DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100030100.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF
F100030100.PDF

Download (65kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Merek suatu produk penting untuk membentuk keputusan membeli pada konsumen. Tanpa merek maka konsumen tidak akan dapat membedakan produk yang akan dibelinya dengan produk lain. Oleh karena itu ekuitas merek (brand equity) perlu dikelola secara terus menerus agar produk menjadi terkenal. Namun citra merek, tidak selalu berdampak terhadap keputusan membeli pada konsumen. Hal ini terjadi karena pada masa sekarang semakin banyak pilihan produk khususnya handphone dengan harga murah me mbanjiri konsumen di pasaran serta terkadang merek- merek ternama pun tidak dapat memuaskan konsumen, sehingga menimbulkan citra yang negatif. Tujuan penelitian antara lain untuk mengkaji : 1) hubungan citra merek handphone dengan keputusan membeli, 2) seberapa besar sumbangan citra merek handphone terhadap keputusan membeli, 3) tingkat atau citra merek handphone dan keputusan membeli. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara citra merek handphone dengan keputusan membeli handphone. Subjek penelitian adalah pelanggan Nokia Global Communication (NGC) Yogyakarta yang menggunakan jasa layanan di NGC yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental non random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala citra merek handphone dan skala keputusan membeli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai r sebesar 0,513; p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek handphone dengan keputusan membeli. Sumbangan efektif citra merek handphone terhadap keputusan membeli sebesar 26,3% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2 ) sebesar 0,263. Artinya masih terdapat terdapat 73,7% faktor- faktor lain yang mempengaruhi keputusan membeli di luar variabel citra merek seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, hobi. Citra merek handphone pada subjek penelitian tergolong sedang/cukup positif, ditunjukkan oleh rerata emp irik sebesar 144,530 dan rerata hipotetik sebesar 117,5. Keputusan membeli pada subjek penelitian tergolong tinggi/positif, ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 128,120 dan rerata hipotetik sebesar 110. Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa meskipun penelitian menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek handphone dengan keputusan membeli, citra merek pada subjek penelitian tergolong sedang/cukup positif, keputusan membeli penelitian tergolong tinggi/positif. Namun demikian masih terdapat banyak variabel- variabel lain yang diasumsikan dapat mempengaruhi keputusan membeli selain variabel citra merek handphone.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: merek, keputusan membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 18 Nov 2009 02:05
Last Modified: 13 Nov 2010 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item