EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester 2 SLTP Negeri 2 Ngemplak, Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009)

ASTUTIK, DIAN DWI (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester 2 SLTP Negeri 2 Ngemplak, Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050104.pdf

Download (147kB)
[img] PDF
A410050104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) perbedaan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 40 siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas VIIC sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi strategi pembelajaran Think-Pair-Share dibandingkan dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran konvensional, dengan taraf signifikansi 0,006 < 0,05 berarti strategi pembelajaran Think-Pair-Share lebih berpengaruh daripada menggunakan strategi pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 berarti bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan memiliki prestasi yang tinggi pula sehingga motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan taraf signifikansi 0,716 > 0,05 berarti bahwa strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share, Motivasi belajar siswa, Prestasi belajar, Persegi dan persegi panjang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:24
Last Modified: 16 Nov 2010 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4710

Actions (login required)

View Item View Item