PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK BARU DAN MEMORI IKLAN MEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGADOPSI DETERJEN ATTACK PLUS SOFTENER DI KELURAHAN MAKAMHAJI

ENDAH P., DWI (2009) PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK BARU DAN MEMORI IKLAN MEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGADOPSI DETERJEN ATTACK PLUS SOFTENER DI KELURAHAN MAKAMHAJI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030183.pdf

Download (259kB)
[img] PDF
B100030183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh karakteristik produk baru dan memori iklan media televisi terhadap keputusan konsumen mengadopsi deterjen Attack plus Softener; 2) Pengaruh karakteristik produk baru terhadap keputusan konsumen mengadopsi deterjen Attack plus Softener; 3) Pengaruh memori iklan media televisi terhadap keputusan konsumen mengadopsi deterjen Attack plus Softener. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara karakteristik produk baru dan memori iklan media televisi dengan keputusan konsumen mengadopsi deterjen Attack plus Softener di Kelurahan Makamhaji; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara karakteristik produk baru dengan keputusan konsumen mengadopsi deterjen Attack plus Softener di Kelurahan Makamhaji; 3) Adanya pengaruh yang signifikan antara memori iklan media televisi dengan keputusan konsumen mengadopsi deterjen Attack plus Softener di Kelurahan Makamhaji. Populasi dari penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan produk diterjen yang berdomisili di wilayah Kalurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Dalam penelitian ini ditentukan sampel sebanyak 100 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana peneliti mendapatkan responden berdasarkan kemudahan untuk mengakses data. Metode analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi multiple, uji t, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil analisis regresi dapat diketahui persamaan regresi : Y = 6,233 + 0,393X1 + 0,480X2. Artinya bahwa karakteristik produk dan memori iklan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk mengadopsi deterjen attact plus softener di Kalurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; 2) Hasil uji t diketahui bahwa uji t terlihat variabel upah (X1) mempunyai thitung sebesar 3,968, dengan nilai p (0,000) < alpha (0,05), dan variabel memori iklan (X2) t hitung sebesar 6,604 dengan nilai p (0,000) < alpha (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa karakteristik produk (X1) dan memori iklan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mengadopsi deterjen attact plus aoftener di Kalurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; 3) Hasil uji F diketahui Fhitung dengan Ftabel, maka diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (53,261), maka variabel independent (X1 dan X2) secara serentak Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa variabel independent (karakteristik produk dan memori iklan) secara bersama-sama/simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen (Y) untuk mengadopsi deterjen attact dan softener di Kalurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura Sukoharjo; 4) Hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai R2 sebesar 0,523. Hal ini berarti bahwa 52,30% keputusan konsumen untuk mengadopsi deterjen attact plus softener dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independent (karakteristik produk dan memori iklan) dan sisanya 0% diterangkan dalam penelitian ini. Dengan demikian bahwa hipotesis yang penulis ajukan : bahwa variabel karakteristik produk dan memori iklan secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mengadopsi deterjen attact plus softener di Kalurahan Makamhaji”, dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik produk baru, Memori Iklan Televisi, Keputusan Adopsi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:18
Last Modified: 16 Nov 2010 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4707

Actions (login required)

View Item View Item