PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta)

MUJIBUDDAKWAH, MUJIBUDDAKWAH (2009) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050102.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A410050102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

peningkatan motivasi belajar matematika dan peningkatan prestasi belajar pada pokok bahasan balok dan kubus dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan deep dialogue. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 52.17 %, pada putaran I sebesar 65.2 %, pada putaran II sebesar 73.9 %, di akhir putaran mencapai 82.6 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 56.52 %, pada putaran I sebesar 73.9 %, pada putaran II sebesar 82.6 %, di akhir putaran mencapai 86.95 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 62.5 %, pada putaran I sebesar 78.2 %, pada putaran II sebesar 86.95 %, di akhir putaran mencapai 95.65 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 73.9 %, pada putaran I mencapai daya serap 83.36 %, pada putaran II mencapai daya serap 91.3 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 95.65 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan deep dialogue dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, deep dialogue
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:18
Last Modified: 24 Oct 2011 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item