EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DAN MICROSOFT POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SRAGEN

HANDITASERRA, FEBRYANA (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DAN MICROSOFT POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050099.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
A410050099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sragen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu 42 siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan 44 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan nsampel adalah teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan metode dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji Anava Dua Jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan ά = 5% disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fa = 48,04, (2) terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,16, (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 1,00. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung lingkaran yang berdampak meningkatnya Prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : macromedia flash 8, microsoft powerpoint dan minat belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:13
Last Modified: 16 Nov 2010 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4703

Actions (login required)

View Item View Item