IMPLEMENTASI METODE CIRC ( COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Purwodadi)

SUSANTO, HERU (2009) IMPLEMENTASI METODE CIRC ( COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Purwodadi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050098.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A410050098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan penggunaan metode CIRC terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi yang signifikan antara metode CIRC dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purwodadi Tahun Ajaran 2008 – 2009 yang berjumlah 377 siswa dan yang digunakan sebagai sampel adalah kelas VII E untuk kelas eksperimen dan kelas VII F untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random, dimana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pokok yang terdiri dari metode tes dan metode angket dan metode bantu yang terdiri dari metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis anava dua jalan dengan sel tak sama pada α = 5 % diperoleh : (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode CIRC terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 4,737 , (2) tidak ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 0,325 , (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode CIRC dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 1,277.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Minat-Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:08
Last Modified: 02 May 2011 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item