ERNAWATI, NATALIA (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI POKOK BAHASAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II DI SMP AL-ISLAM I SURAKARTA (Penelitian Eksperimen, Tahun Pelajaran 2008/ 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050097.pdf Download (63kB) |
|
PDF
A410050097.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep sudut pada pembelajaran course review horay dan pembelajaran konvensianal, (2) untuk mengetahui nilai rata-rata pada pembelajaran course review horay dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII B sampai dengan VII I di SMP Al- Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 39 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data tes prestasi belajar siswa diambil dengan metode tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian dengan 05 , 0 = α menunjukkan ada perbedaan pemahaman konsep sudut pada pembelajaran course review horay dan pembelajaran konvensional dengan nilai probabilitas 0,033 < 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | course review horay, pemahaman konsep, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 02:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4697 |
Actions (login required)
View Item |