PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALL ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Purwodadi

SUGIHARTO, SUGIHARTO (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALL ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Purwodadi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050088.pdf

Download (147kB)
[img] PDF
A410050088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segi empat ( persegi panjang dan persegi ) serta meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe snow ball. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Purwodadi yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalu i tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segi empat ( persegi panjang dan persegi ). Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan mengkonstruksikan soal ke dalam model matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 21,21 %, pada putaran I sebesar 27,27%, putaran II sebesar 34,38% , di akhir putaran mencapai 54,29 %, 2) kemampuan siswa menggunakan rumus dengan tepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan sebelum adanya tindakan sebesar 15,15 %, pada putaran I sebesar 24,24 %, pada putaran II sebesar 40,63 %, di akhir putaran mencapai 60 %, 3) kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan sebesar 12,12 %. pada putaran I sebesar 24,24 %, pada putaran II sebesar 37,50 %, di akhir putaran mencapai 54,29 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, sedangkan sesudah dilakukan tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 54,29 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe snow ball dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan bernalar matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Pembelajaran, Snow Ball
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 07:50
Last Modified: 16 Nov 2010 02:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item