IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE DRILL DAN RESITASI SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008)

Priono, Priono (2008) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE DRILL DAN RESITASI SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410_040138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktivan dan prestasi belajar siswa dengan implementasi improving learning melalui metode Drill dan resitasi. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 39 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan Peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan wawancara, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1)dapat meningkatan keaktivan belajar siswa hal itu dapat dilihat dari hasil tindakan yaitu a)keaktivan bertanya mencapai 48,72%, b)keaktivan menjawab pertanyaan mencapai 53,85%, c)mengerjakan soal di depan kelas mencapai 23,08 %, d)mengerjakan soal-soal latihan mencapai 97,43 %. (2)dapat meningkatan prestasi belajar siswa dengan daya serap dalam tiap putaran yaitu pada putaran I adalah 55,26%, pada putaran II adalah 69,62%, dan pada putaran III adalah 73,46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Improving learning, drill, resitasi, meningkatkan, keaktivan, matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Sep 2008 08:09
Last Modified: 17 Nov 2010 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item