SUCIATI, RIRIN (2009) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA DAN EKSPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA (Kelas VIII SLTP Muhammadiyah 2 Masaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050081.pdf Download (37kB) |
|
PDF
A410050081.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika , (2) Pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika , (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Masaran tahun pelajaran 2008/2009. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sebelum dilakukan perlakuan penelitian dilakukan uji matching untuk mengetahui sampel tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Pengujian prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan pembahasan analisis variansi dua jalan dengan α = 5% menunjukkan : (1) Ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 4,024 (2) Ada pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika , dengan Fhitung = 19,926 (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 0,126.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Keaktifan, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 07:36 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 10:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4682 |
Actions (login required)
View Item |