PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Matesih, Karanganyar)

HERLIYANTI, HENI DWI (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Matesih, Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050079.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
A410050079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (numbered Head Together). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP N 2 Matesih, Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe NHT. Hal ini dapat dilihat dari: 1). tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan siswa bertanya meningkat dari (0%) menjadi (38,2%), b) mengemukakan ide meningkat dari (0%) menjadi (29,4%), c) keaktifan siswa mengerjakan soal latihan didepan kelas meningkat dari (11,7%) menjadi (73,5%). 2). hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥60 meningkat dari (35,2%) menjadi (79,4%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keaktifan, Pembelajaran, Matematika, Kooperatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 07:31
Last Modified: 16 Nov 2010 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item