PENERAPAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kartoharjo Ngawi)

INDRIAWATI, IIN RETNO (2009) PENERAPAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kartoharjo Ngawi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050073.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A410050073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri 2 Kartoharjo Ngawi sebagai subjek pemberi tindakan, peneliti dan kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 15 orang sebagai subjek penerima tindakan. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi 1)mengerjakan soal ke depan kelas diawal putaran mencapai 26,66% dan di akhir putaran mencapai 42, 8%, 2) memberi tanggapan dari jawaban siswa lain pada awal putaran 33,33% dan diakhir putaran mencapai 28, 57%, 3) mengajukan ide/tanggapan pada guru di awal putaran 33,33% dan diakhir putaran mencapai 22, 22%,4) membuat kesimpulan pada awal putaran 33,33% dan di akhir putaran mencapai 80%, dan 5) memanfaatkan sumber belajar pada awal putaran 40% dan diakhir putaran mencapai 25%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1)kemampuan mengkonstruksikan soal pada awal putaran 75% dan diakhir putaran mencapai 37, 5%, 2)ketepatan penggunaan rumus pada awal putaran 60% dan diakhir putaran mencapai 33, 33%, 3) kemampuan proses perhitungan pada awal putaran 50% dan diakhir putaran mencapai 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan CUPs dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman-konsep, pecahan, pendekatan-CUP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 07:04
Last Modified: 16 Nov 2010 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4673

Actions (login required)

View Item View Item