PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di Kelas VII SMP N egeri 2 Sidoharjo)

PURWIYASTUTI, PURWIYASTUTI (2009) PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di Kelas VII SMP N egeri 2 Sidoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050067.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
A410050067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sidoharjo tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Adapun peningkatan Kualitas proses dan hasil belajar matematika yaitu: (1) Motivasi belajar para siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap putaran semakin meningkat dari 10% sebelum penelitian meningkat menjadi 70%. (2) Keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap putaran meningkat dari 10% sebelum penelitian meningkat menjadi 70%. (3) Interaksi antara guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar setiap putaran semakin kondusif. (4) Keterampilan guru dalam mengajar setiap putaran semakin baik. (5) Prestasi belajar (KKM 65 ? ) setiap putaran meningkat dari 15% sebelum penelitian meningkat menjadi 75%. Penelitian ini menyimpulkan pembelajaran melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410-073
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, Kualitas proses, Kualitas hasil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 06:58
Last Modified: 16 Nov 2010 02:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4672

Actions (login required)

View Item View Item