EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN WALEN

EKASARI, DINI AGUSTINE KUSUMANING (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN WALEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050065.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
A410050065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) Perbedaan penggunaan model pembelajaran tutor sebaya dan model konvensional dalam mengatasi kesulitan belajar, (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari kelengkapan fasilitas belajar, (3) Interaksi penggunaan pendekatan pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Walen tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 98 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Hasil penelitian menunjukkan; (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diberi pengarahan dengan menggunakan model tutor sebaya dibanding dengan siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode konvensional, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran model tutor sebaya dapat mengatasi kesulitan siswa dengan nilai F hitung (8,36) > Ftabel (4,17), berarti bahwa model tutor sebaya berpengaruh dibanding dengan metode konvensional (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki fasilitas belajar kurang, sedang dan memiliki fasilitas belajar baik,nilai F hitung (0,58) < Ftabel (3,32), artinya siswa dengan fasilitas baik belum tentu memiliki prestasi yang baik pula.(3) tidak ada interaksi penggunaan pembelajaran matematika menggunakan metode tutor sebaya dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai F hitung (1,45)< Ftabel (3,32)artinya tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditinjau dari kelengkapan fasilitas belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model-tutor-sebaya, Kelengkapan-fasilitas-belajar, Prestasibelajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 06:53
Last Modified: 16 Nov 2010 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item View Item