EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DENGAN PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT

NUGROHO, ARIF GANDA (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DENGAN PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050064.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
A410050064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh pembelajaran dengan pemanfaatan Software Macromedia Flash 8 dan pembelajaran dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan garis dan sudut, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan garis dan sudut, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan pemanfaatan Software Macromedia Flash 8 dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan garis dan sudut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2008 – 2009. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu 38 siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada taraf signifikansi α = 5% diperoleh (1) Fhitung = 8,833 > Ftabel = 3,980 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dengan siswa yang menggunakan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa, (2) Fhitung = 7,063 > Ftabel = 3,130 berarti terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, (3) Fhitung = 2,031  Ftabel = 3,130 berarti tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dengan siswa yang menggunakan metode konvensional, terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Aktivitas, Garis dan Sudut
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 06:47
Last Modified: 02 Jan 2012 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item