PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA SMA PPMI ASSALAAM PABELAN SUKOHARJO TAHUN 2007 (Studi Kasus Mengenai Hambatan Perkembangan)

Suprapto, Amin (2008) PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA SMA PPMI ASSALAAM PABELAN SUKOHARJO TAHUN 2007 (Studi Kasus Mengenai Hambatan Perkembangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Objek Psikologi Perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi. Psikologi perkembangan mengkhususkan diri pada masalah usia tertentu. Perubahan pada masa perkembangan adalah pola perubahan yang masih labil dengan perkembangan kemampuan yang berbeda, sedangkan adanya perubahan itu memungkinkan orang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana dia berada. Realisasi diri pada masa perkembangan sangat diperlukan, terlebih pada masa-masa transisi, karena realisasi diri mempunyai peran yang sangat penting secara pribadi maupun sosial. Penyesuaian diri terhadap lingkungan baru selalu menemui hambatanhambatan, dan selalu disertai dengan bermacam-macam tingkat ketegangan emosional, tetapi sebagian besar kesulitan dan ketegangan akan dapat dihilangkan apabila individu mampu mempersiapkan diri, serta lambat atau cepat individu akan mengerti dan sadar bahwa mereka diharapkan menguasai tugas-tugas tertentu pada tahapan usia mereka. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hambatan-hambatan perkembangan pada siswa SMA Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Pabelan Sukoharjo Jawa Tengah pada tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan data analisa kuantitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan sample adalah menggunakan teknik random sampling dengan cara ordinal. Dalam penelitian ini secara ringkas penulis sampaikan kesimpulan sebagai berikut: bahwa terdapat hambatan perkembangan pada siswa SMA Assalaam Pabelan Sukoharjo. Berdasarkan pada aspek hambatan fisik yaitu sebanyak 55,90% siswa merasakan mudah menjadi gemuk dan kurus, hal ini menunjukkan bahwa kecenderungan menjadi gemuk dan kurus menghambat perkembangan mereka dikarenakan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan porsi dan nafsu makan mereka sebagaimana standar yang ditentukan. Dan berdasarkan pada aspek hambatan sosial, sebanyak 47,06% siswa menyatakan bahwa latar belakang daerah dan keluarga menghambat perkembangan sosial mereka dikarenakan banyak siswa SMA Assalaam yang memiliki sifat pemilih dalam berteman, sedangkan berdasarkan pada aspek hambatan kepribadian menyatakan bahwa siswa kurang mampu berkomunikasi dengan sesama, hal ini menunjukkan bahwa siswa belum memiliki ketrampilan berkomunikasi dan berhubungan terhadap sesama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hambatan perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan psokologi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 06:11
Last Modified: 24 Feb 2011 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item