MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MTs NEGERI BEKONANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Wuragil, Noviani Nur (2008) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MTs NEGERI BEKONANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000040028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan, tempat mendidik para siswa dalam bidang dan Ilmu Pengetahuan Umum. Dengan fasilitas yang memadai, manajemen pendidikan tersusun secara efektif dan efisien terutama pendidikan Islam. Sistem pendidikan Islam yang baik adalah sekolah diharapkan dapat menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi Islam, mempunyai bekal IMTAQ dan IPTEK sehingga mampu menghadapi tantangan yang muncul dalam kondisi masyarakat yang selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Sekolah Negeri yang berazaskan Islam harus mampu bersaing dengan sekolah-sekolah Negeri lain. Agar tidak ketinggalan, maka sekolah perlu peningkatan kinerja manajemen pendidikan, khususnya pendidikan Islam yang lebih baik. Atas dasar itu, permasalah yang akan dikaji adalah bagaimana sistem manajemen pendidikan Islam di MTs Negeri Bekonang tahun pelajaran 2006/2007, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat manajemen pendidikan Islam di MTs Negeri Bekonang dan bagaimana cara penanggulangan terhadap hambatan-hambatan yang ada di MTs Negeri Bekonang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui manajemen pendidikan Islam di MTs Negeri Bekonang tahun pelajaran 2006/2007, mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan Islam di MTs Negeri Bekonang, dan mengetahui cara-cara penanggulangan hambatan-hambatan yang ada di MTs Negeri Bekonang. Hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan manajerial MTs Negeri Bekonang dan sumber daya manusia umat Islam yang berkualitas, dan menambah wacana dalam meningkatkan manajemen dalam pendidikan Islam di MTs Negeri Bekonang sebagai lembaga formalnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur yang mendukung manajemen pendidikan Islam di MTs Negeri Bekonang yaitu manajemen perencanaan, personalia, kesiswaan, kurikulum, sarana prasarana, keuangan, hubungan masyarakat, iklim MTs Negeri Bekonang dan layanan khusus. Penanggulangan terhadap hambatan-hambatan yang ada di MTs Negeri Bekonang yaitu dengan cara merencanakan kembali program kegiatan yang belum ada dan mengevaluasi program kegiatan yang masih memerlukan perbaikan sehingga pola manajemen di MTs Negeri Bekonang mengalami peningkatan dan kemajuan di segala bidang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan Islam, hambatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 06:01
Last Modified: 24 Feb 2011 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item