PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GATAK 2008/2009

Murdiningsih, Murdiningsih (2008) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GATAK 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050033.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
A210050033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh motivasi belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Gatak tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah sebanyak 210 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 53 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 54,1% dan sumbangan efektif 29% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) intensitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 45,9% dan sumbangan efektif 24,6% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Motivasi belajar dan intensitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >Ftabel(28,913>3,15) diterima pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel motivasi belajar dan intensitas belajar memberikan sumbangan sebesar 53,6% terhadap prestasi belajar, sedangkan 46,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya lingkungan belajar, sarana belajar, intelegensi siswa, dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, intensitas belajar, prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:52
Last Modified: 16 Nov 2010 03:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item